Senin, Mei 18, 2009

Five Minutes More

"A hero is no braver than anyone else, he is only brave five minutes longer". (Ralph Waldo Emerson)
Napoleon Bonaparte sering diasosiasikan sebagai jenderal perang Perancis terhebat pada jamannya. Namun, catatan hitam atas kekalahannya di Waterloo oleh tentara Inggris yang dipimpin Duke of Wellington membuat banyak orang bertanya-tanya apa yang menjadi penyebab kekalahan jenderal yang sangat disegani itu.

Beberapa wartawan penasaran ingin mewawancarai Napoleon ketika ia dipenjara. Seorang wartawan bertanya,"Pak Jenderal, bisa Anda ceritakan mengapa tentara Inggris mengalahkan Anda di pertempuran Waterloo? Apakah mereka memiliki tentara yang lebih kuat?". Dari kegelapan penjara terdengar suara dingin Napoleon yang berkata,"Tidak". Wartawan itu bertanya lagi dengan penuh keingintahuan,"Apakah mereka mempunyai wsenjata yang lebih canggih?". Sekali lagi napoleon menjawab,"Tidak". Wartawan itu bertanya lagi,"Kalau begitu, mengapa Anda kalah pada pertempuran itu?".
Keheningan berlangsung cukup lama sampai akhirnya Napoleon memberikan jawaban yang patut kita simak dalam kehidupan kita.

Napoleon menjawab,"Tentara Inggris berperang lebih lama lima menit dibandingkan tentara kami". Tentu cara berperang saat ini sangat berbeda jauh dibandingkan dengan jaman Napoleon.
Namun, ada satu kenyataan yang tidak berubah sampai saat ini, yaitu mereka yang berperang dan mampu berjuang lebih lamalh yang akan memenangkan pertandingan.

Dalam kehidupan, kita sering diperhadapkan dengan hal-hal yang penuh kekecewaan dan kegagalan, dan hal-hal ini sering membatasi pandangan kita terhadap kesuksesan yang sebentar lagi kita raih.

Thomas Edison bahkan mengingatkan bahwa kelemahan terbesar dari diri kita adalah ketika menyerah, dan cara yang paling pasti untuk meraih kesuksesan adalah dengan mencoba sekali lagi. Setiap kali kita ingin menyerah, ingatlah bahwa tentara Inggris bertempur lima menit lebih lama.
Hadapilah hidup ini lima menit lebih lama lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar