Selasa, Mei 12, 2009

Perjalanan Seribu Kilometer Dimulai dengan Langkah Pertama

Itu yang saya baca dari buku "Don't Sweat the Small Stuff" yang ditulis oleh Richard Carlson. Buku ini adalah salah satu motivator saya.

Saya tidak akan pernah punya blog, kalau saya tidak mulai menulis kata pertama... entah itu judul atau isi postingan dari blog itu.
Jadi, begitulah. Setiap perjalanan, betapapun panjangnya, dimulai dengan langkah pertama. Begitu kita melakukannya, tiap langkah berikutnya akan membawa kita makin dekat ke sasaran.

Kadang-kadang ketika kita sedang mempertimbangkan untuk terjun ke suatu bidang baru -entah memulai bisnis baru, memulai pekerjaan baru, atau apapun yang lainnya yang baru (kecuali rumah baru, baju baru... he he...)- terasa berat sekali, awang-awangen, kata orang Jawa. Seolah-olah kita tidak akan pernah sampai ke tujuan akhir, seolah-olah langkah pertama kita tidak akan ada gunanya. Memang, kalau kita memandang terlalu jauh sampai melampaui cakrawala, apapun bisa tampak terlalu sulit. Kita malahan jadi bingung, dari mana kita akan mulai.

Kiat untuk sukses kedengarannya terlalu disederhanakan, karena katanya sih memang sangat sederhana, yaitu: MULAI SAJA. Ambil langkah pertama, diikuti dengan langkah yang lain, kemudian langkah berikutnya. Jangan memandang terlalu jauh kedepan, dan jangan juga memandang terlalu jauh kebelakang. Tetaplah berpijak sebaik mungkin dimasa sekarang. Jika kita mengikuti petunjuk sederhana ini, mungkin kita akan terkejut dengan hasil yang kita peroleh ketika waktu berlalu.

Sering terdengar orang mengatakan akan menulis buku, punya keinginan memulai bisnis baru, punya niat menyumbangkan uangnya, tapi seringkali rencana dan impian tersebut ditunda sampai 'kondisi yang tepat'. Tapi, seperti yang dikatakan Richard Carlson: Dalam hampir semua kasus, kondisi yang kita tunggu itu tidak banyak berbeda, baik minggu depan maupun tahun depan. Jangan cemas akan kondisi yang tidak sempurna. Sesungguhnyalah, kita masih harus mengambil LANGKAH PERTAMA! Jika kita melakukannya sekarang, bukan nanti, kita akan sekian langkah lebih dekat ke impian kita pada waktu yang sama tahun depan.

Jadi, jangan takut untuk mulai melangkah. Untuk bisa sukses kita tidak boleh
takut kehilangan apa yang kita miliki (uang, waktu, tenaga).
Yang harus kita takuti adalah kehilangan kesempatan, karena tidak mau mengorbankan sedikit dari uang, waktu dan tenaga kita.

Selamat! Anda baru saja menjalankan langkah pertama menuju kesuksesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar